Friday, April 2, 2010

Sebuah Catatan Kecil dari DIFEST EDSA


Hari ini tadi (Rabu 31 Maret 2010) EDSA ngadain DIFEST (Discussion for English Students) jam 4 sore sampai selesai. DIFEST sendiri merupakan program tiap semester yang mengundang elemen jurusan (dosen) dan mahasiswa untuk membahas hal-hal seputar akademis dan kemahasiswaan di jurusan Sastra Inggris UNDIP.

Ada satu hal yang menggelitik saya disini: tingkat partisipasi mahasiswa sangat-sangat jauh dari yang diharapkan. Saya tidak sedang mendiskreditkan panitia. Saya juga pernah menjadi bagian dari panitia DIFEST sewaktu saya masih menjabat ketua EDSA tahun lalu jadi saya yakin panita sudah melakukan yang terbaik untuk mempersiapkan acara ini, termasuk dalam aspek publikasi dalam bentuk--yang saya tahu--penyebaran pamflet, undangan ke komting angkatan, mouth-to-mouth-maupun sms. Minimnya tingkat partisipasi mahasiswa di sini di satu sisi saya rasa berkaitan erat dengan antusiasme mahasiswa pada dunia organisasi, meski saya akui banyak aktivis yang saat acara berlangsung sibuk dengan kegiatan mereka sendiri yang tidak kalah pentingnya. Mungkin sudah menjadi rahasia umum bahwa mahasiswa jurusan saya (di sini saya membuat genelarisasi) tidak begitu antusias meggeluti dunia tersebut. Awalnya saya mencoba untuk berpikir positif (husnud dzhon). Mungkin mereka sibuk dengan aktivitas lainnya, bekerja paruh waktu misalnya. Namun setelah saya amati, aktivitas mereka rata-rata tidak seperti apa yang diwanti-wanti oleh dosen sewaktu PMB, tidak jauh-jauh dari 3K: kos-kampus-kantin.

Pernah saya melakukan survey kecil-kecilan. Saya tanyakan kepada beberapa mahasiswa dengan prestasi akademis yang cukup bagus, dibuktikan dengan IP yang rata-rata di atas 3, 5 setiap semesternya: setelah lulus mau kerja dimana? Saya cukup terkejut melihat jawaban mereka: rata-rata dari mereka belum tahu kemana harus melangkah setelah wisuda. Kemudian saya tanyakan lagi:"Lah, lha kamu ngapain selama ini belajar sungguh-sungguh dan mengejar IP yang begitu tinggi?" Mendengar pertanyaan itu, beberapa dari mereka terdiam. Ada juga yang menjawab, "Ya...aku sekarang hidup untuk hari ini Mas. Belum kepikiran hari esok mo ngapain?" Perasaan saya campur aduk mendengar statemen seperti ini. Saya memilih diam, mencoba untuk menghormati mereka,, namun di benak saya muncul banyak pertanyaan: Apakah mereka tidak memiliki visi misi hidup yang jelas? Apakah mereka tahu berapa jumlah sarjana yang lulus dan menganggur setiap tahunnya? Apakah mereka tidak sadar bahwa kompetisi untuk mencari kerja (jika berpikir sebagai job-seeker) sangat kompetitif? Bahwa untuk bisa mendapatkan pekerjaan yang kita inginkan, prestasi akademis saja tidak cukup? bahwa kita juga butuh softskill, yang tidak kita dapatkan di kuliah? Apakah di perkuliahan kita mendapatkan materi kepemimpinan, manajemen rapat, manajemen konflik, teknik lobying, public speaking, dsb? Apakah hal-hal seperti itu tidak pernah terlintas pada benak mereka. Saya rasa wajar kalo kemudian atmosfir organisasi di fakultas saya baik di tingkat jurusan maupun fakultas tidak seperti di fakultas-fakultas lainnya.

Temuan dari hasil survey saya ini klop dengan informasi-informasi yang diberikan senior saya sewaktu saya masih semester awal, meski info tersebut hanya sebatas pada fakta bahwa mahasiswa di fakultas saya tidak antusias pada dunia organisasi dan 'tidak peka pada kondisi sekitar.' Untuk fakta kedua (tidak peka pada kondisi sekitar) mungkin bisa sedikit diperdebatkan. Sering saya mendengar mahasiswa dengan berapi-api mempertanyakan hal-hal seputar kampus yang menurut mereka perlu diperbaiki, sebut saja dana MAPIDA, KRS online, ruang kuliah, bla bla bla. Saya hargai kepekaan dan kepedulian mereka pada hal-hal tsb, tapi mereka kurang satu: action! Lihat saja, pada acara sambung rasa dengan dekanat, dimana mahasiswa bisa menyampaikan dan mengomunikasikan uneg-uneg kita pada segenap pihak di tingkat fakultas, berapa mahasiswa yang hadir? Pertanyaannya, apakah ngedumel di belakang saja sudah bisa memecahkan masalah-masalah yang mereka keluhkan tsb? Apakah pihak dekanat bisa tahu bahwa kita memiliki concern-concern demi kemajuan fakultas kita tercinta tanpa kita beri tahu? Kenyataannya mereka tidak memiliki indra keenam yang memungkinkan mereka bisa membaca pikiran kita. Kalo kita punya uneg-uneg, sampaikan saja. Saya rasa pihak dekanat juga sangat terbuka pada masukan-masukan yang disampaikan mahasiswa. Berkali-kali saya ngobrol dengan Pak Dekan dan para pembantunya tentang kondisi di fakultas kita dan mereka sangat menghargai masukan-masukan tersebut (terlepas dari realisasinya bagaimana).

Di tingkat jurusan sama saja. Begitu saya mendapat undangan DIFEST dalam kapasitas saya sebagai salah satu (mantan) komting 2006, saya langsung beri tahu teman-teman saya, tidak terbatas pada angkatan 2006, tentang acara ini baik via sms maupun ketemu langsung. Saya teringat mereka-mereka yang sering mengeluh tentang isu-isu pada tingkat jurusan: KKP, KKL, sistem pengajaran dsb. Saya berharap mereka akan datang dan menyampaikan uneg-uneg tersebut tapi waktu saya datang di acara, saya jadi berpikir mungkin saya terlalu banyak membuang waktu, energi, dan pulsa saya pada hal-hal yang sia-sia. Poinnya sama: mereka boleh saja koar-koar ga suka ini lah, ga suka itu lah, ininya ga jelas lah, itunya kok kayak gini lah, but mereka butuh action! Salah satunya dengan menyampaikan hal tersebut melalui acara yang difasilitasi EDSA ini. Kalo pun ga bisa datang, at least sampaikan uneg-uneg tersebut kepada pihak jurusan secara independen, tapi apakah mereka pernah melakukannya?

Saya jadi teringat seorang teman yang menyatakan kekecewaannya pada konsep KKP yang akan dia ikuti. Dengan sedikit memelas, dia bercerita tentang keluh-kesahnya pada program pengganti KKN tersebut. Saya yang saat itu tidak ingin terjebak oleh argumentun ad misericordiam menjawab, "Ya disampaikan saja to. Kalo ga disampaikan, bagaimana pihak jurusan bisa tahu?" Mendengar jawaban itu, dia menyahut,"Ah ga ah. Kamu aja, Pak." Waktu itu saya hanya tersenyum, lalu berkata,"Ya udah. Kalo ga mau, ya ga da yang bakal nyampein." Masalah tentang KKP ini mungkin bisa dibahas di note lain. Sedikit banyak saya mengikuti perkembangannya, mulai dari mendengarkan cerita-cerita dari senior sampai cerita-cerita dari beberapa teman yang berinisiatif mengadakan forum dengan pihak jurusan tapi ga jadi gara-gara kurang dukungan dari teman-teman seangkatan (bukan dalam arti mereka tidak setuju namun karena enggan bergabung untuk melaksanakan forum tersebut).

Kasus-kasus lain mencakup beberapa dosen yang opresif, yang sering memarahi (dan mempermalukan mahasiswa dengan ucapan-ucapan seperti, "Kamu semester berapa sih kok kayak gini ja ga bisa?), dosen yang seenaknya memberi tugas dadakan tanpa ada pemberitahuan di pertemuan sebelumnya dan kemudian nilai dari tugas tsb dijadikan nilai akhir yang mengakibatkan banyak mahasiswa yang kebetulan tidak datang di kelas jatuh nilainya, dan lain sebagainya. Saya tidak sedang mengkritik dosen-dosen tersebut, mungkin beliau-beliau punya alasan melakukan hal tersebut, namun saya lebih menekankan pada mahasiswa yang hanya diam melihat hal-hal yang menurut mereka tidak adil itu terjadi. Kalo menurut kalian itu ga adil, merugikan, dan perlu diperbaiki, ya disampaikan saja. Meminjam istilah Soe Hok Gie, dosen bukan dewa yang selalu benar, dan mahasiswa bukan kerbau. Da juga motto aktivis-aktivis,"If you don't take action, nothing happens. If you take action, a miracle happens".

Mungkin kepercayaan diri dan keberanian menyuarakan pendapat masih merupakan hal langka bagi mahasiswa di fakultas saya. Tengok saja tiap kali ada presentasi di kelas dan tiba waktunya untuk tanya jawab, berapa yang angkat tangan? Masalahnya, di fakultas tempat kita menimba ilmu tidak ada mata kuliah yang membahas hal-hal tersebut. Tidak ada mata kuliah yang mengajarkan bagaimana cara membangun kepercayaan diri dan bagaimana caranya bisa berani menyampaikan pendapat. Kalo ada teman-teman yang bilang saya berani menyuarakan aspirasi dan--menurut sebagian dari mereka--frontal mengkritik dosen dan birokrat, keberanian untuk melakukan hal tersebut saya dapatkan di organisasi-organisasi saya geluti sejak saya berseragam putih-biru. Saya juga yakin teman-teman saya yang aktivis, yang juga memiliki keberanian melakukan hal yang sama meski dalam level yang berbeda, mempelajari hal itu dari organisasi. Teman-teman yang meraih prestasi-prestasi hebat semacam mewakili UNDIP ke Harvard dan Danone's Trust juga rata-rata memiliki background organisasi yang bagus.Saya rasa lowongan beasiswa dan pekerjaan juga membutuhkan pengalaman organisasi dari para pelamarnya.

Memang beda kalo melihat aktivis-aktivis dan kutu buku. Yang satu biasanya fleksibel, tahan banting, dan berani, yang satunya lagi kena sedikit masalah saja bikin geger dunia, ato kalo ga kadang disuruh minta tanda tangan ke pihak dekanat ja ga tahu caranya dan ga berani. Karena pengalaman-pengalaman di organisasi menempa orang untuk menjadi pribadi-pribadi yang berani dan kuat dengan sering mengeluarkan mereka dari zona nyaman, rasa-rasanya perlu bagi kita untuk mengisi hari-hari kita lebih dari sekedar aktivitas yang hanya berkisar dari kos, kampus, dan kantin serta menyadarkan para kutu buku di fakultas kita yang aktivitasnya terfokus di 3 tempat tersebut (karena kenyataannya banyak kutu buku yang juga aktivis organisasi) akan pentingya berorganisasi untuk meraih masa depan yang lebih cerah.

PS: This note may be either explicitly or implicitly (or perhaps both) offensive to some readers. To those who feel offended by this note, my apology.

No comments:

Post a Comment