Thursday, January 6, 2011

Ashoka Young Changemakers 2011

Ashoka Young Changemakers Program membuka peluang bagi kaum muda usia 12-25 tahun untuk mendapat pengalaman mengenali dan mempraktekan prinsip-prinsip sosial entrepreneurship. Melalui inisiatif ini Ashoka mentransformasi masa muda menjadi masa berdaya dan trampil dalam menerapkan empati, bekerja dalam kelompok, menjadi pemimpin dan mampu membuat perubahan. Hingga saat ini 55 kaum muda bergabung dalam komunitas Young Changemakers Ashoka Indonesia diantara lebih dari 900 team di dunia. Ke 55 young changemakers Ashoka ini telah mampu mengajak 400 pemuda lainnya bergabung dalam tim mereka dan telah memberi manfaat sosial bagi ribuan anggota masyarakat di komunitasnya.

Program Young Changemakers mendorong kaum muda untuk terlibat secara aktif sebagai pembawa perubahan di tengah masyarakat. Kaum muda berusia 18-25 tahun difasilitasi untuk berkumpul, berbagi inspirasi dan belajar bersama, serta membangun komunitas untuk mendukung tumbuhnya para pembaharu muda. Di sini kaum muda berkesempatan untuk belajar mewujudkan gagasan inovatif mereka, sekaligus menempa karakter dan ketrampilan sebagai pembaharu muda. Program ini diinisiasi oleh Ashoka Indonesia pada tahun 2005. Dengan caranya masing-masing, para pembaharu muda yang berasal dari berbagai penjuru Indonesia, telah berkontribusi dalam proses perubahan sosial.

Beragam inisiatif yang digagas antara lain pelatihan penanggulangan bencana untuk masyarakat sekitar Merapi, kampanye mengenai bahaya narkoba melalui media teater boneka, kampanye ‘safesex’ untuk kalangan transeksual, kampanye anti trafficking anak melalui media teater, membangun kelompok dukungan untuk pecandu perempuan di rumah tahanan, kegiatan pendidikan untuk anak-anak yang memiliki akses yang minim terhadap pendidikan, inovasi dibidang lingkungan hidup dan sebagainya.

Informasi lebih lanjut : http://ycm.ashoka.or.id/

Reposted from:
http://orangpintar.wordpress.com/2011/01/03/ashoka-young-changemakers-2011/

No comments:

Post a Comment